Smart Village, Inovasi Desa Unggulan Kota Pariaman

12 Juni 2019 15:30:30 WIB


Pariaman, InfoPublik - Lomba Desa dan Nagari Berprestasi tingkat Sumatera Barat kembali digelar. Untuk penilaian perdana, tim penilai dari provinsi mengunjungi Desa Sikabu Kota Pariaman, Selasa (11/6).

Ketua tim, Syafrizal, yang juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar mengatakan bahwa dasar pelaksanaan lomba ini antara lain Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Serta Petunjuk Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2019 yang diterbitkan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri.

"Titik berat penilaian lomba desa tahun ini adalah kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa/nagari dan kelurahan serta inovasi pada bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan," ucap Syafrizal.

Aspek ini merupakan komponen utama dalam upaya meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan profesionalitas tata kelola pemerintahan yang baik dalam mewujudkan Nawacita pertama yaitu menghadirkan negara di tengah masyarakat.

Disamping itu, inovasi akan mendapatkan bobot yang lebih besar pada penilaian tahun ini, karena hakekatnya untuk memotivasi desa/nagari dan kelurahan agar semakin maju, mandiri dan sejahtera melalui inovasi yang dihasilkan, serta menjadi role model bagi desa/nagari dan kelurahan lainnya.

Sebelumnya Wali kota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kota Pariaman dari tahun ke tahun selalu berbenah baik dalam pembangunan fisik maupun tata kelola pemerintahan.

Khusus pelaksanaan pemerintahan desa, inovasi selalu dikembangkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti di Desa Sikabu ini, dengan adanya smart village, dimana setiap kantor desa dilengkapi dengan perpustakaan yang terkoneksi dengan WI-FI.

Hal ini dilaksanakan agar masyarakat dapat mengakses dunia luar melalui teknologi, terutama dalam memasarkan produk-produk lokal khususnya kuliner dan sulaman/bordir.

Disamping itu dapat juga membantu pelajar mendapatkan tugas-tugas sekolah dan informasi lainnya.

Inovasi lainnya adalah pengelolaan makanan berbahan talas, yang saat ini sedang dikembangkan dan sangat diminati perantau luar kota Pariaman.

"Paling luar biasa, di Desa Sikabu sudah ada Peraturan Desa tentang Pemberantasan Narkoba. Hal ini akan membentengi generasi muda terhadap penyakit masyarakat yang sangat merusak generasi bangsa," kata wali kota.

Acara penilaian turut dihadiri Forkopimda Pariaman, beberapa kepala OPD, camat se-Kota Pariaman, beberapa tokoh masyarakat seperti ninik mamak, cadiak pandai dan alim ulama, para perantau dan masyarakat Desa Sikabu

110 kali dibaca | Operator Revi Gusriva, M.Kom | Penulis Umum