Kolaborasi Bersama Jurnalis Wujud 'Sumbar Informatif'

31 Oktober 2019 14:00:15 WIB


Padang, InfoPublik - Implementasi amanat Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus menggenjot seluruh sarana prasarana yang tersedia demi mewujudkan 'Sumbar Informatif'. Salah satunya menciptakan jurnalis cerdas, terpercaya dan informatif. Untuk itu, pemprov bersama Komisi Informasi (KI) Sumbar menggagas Workshop Jurnalis Keterbukaan Informasi yang diadakan di Kantor KI Sumbar, Kamis (31/10) pagi.

Mewakili gubernur, Sekretaris Daerah Sumbar, Alwis saat membuka acara mengajak seluruh peserta workshop/jurnalis dapat memberikan informasi yang benar, relevan, dan aktual. Serta kritik yang membangun, sehingga akan menimbulkan sinergi positif antara wartawan dan pemerintah.

"Kolaborasi pemerintah daerah dan jurnalis suatu keniscayaan. Terutama dalam menyampaikan informasi benar. Baik itu program pemerintah yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan," ujar Alwis yang juga atasan PPID Utama Sumbar.

Dirinya meminta kepada wartawan yang hadir, untuk menyampaikan seluruh informasi bermutu ke masyarakat. Jangan ada ditutup-tutupi.

"Masyarakat berhak tahu atas informasi yang ada. Nah, tugas jurnalis adalah menjembataninya. Mari kita ciptakan Sumbar Informatif," pintanya.

Terakhir Alwis berharap harmonisasi antara jurnalis dan birokrasi dapat terus terjaga.

"Ciptakan suasana damai. Jika ada perbedaan, itu bukan hal yang tabu, tetapi bagian dari perhatian," pungkasnya

Hal senada disampaikan Kepala Diskominfo Sumbar, Yeflin Luandri.

"Kita sepakat bahwa peran media massa tidak bisa disepelekan. Peran luar biasa dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Dampaknya juga bisa memotivasi masyarakat, sekecil apapun infonya akan mendapatkan perhatian dari publik," kata Yeflin.

Untuk itu apresiasi layak diberikan kepada jurnalis, yang selama ini telah membantu pemerintah daerah dalam menyebar informasi.

"Tanpa kerja sama dan dukungan jurnalis, sulit menyebarkan informasi ke seluruh lapisan masyarakat. Dengan pers, masyarakat tercukupi informasinya," tutupnya.

Workshop yang diikuti jurnalis media cetak, radio, tv dan online ini diikuti penandatangan spanduk bersama sebagai komitmen 'Sumbar Informatif'. (YL/EK/MMC Diskominfo)

98 kali dibaca | Operator Devi Kasna | Penulis Ir. YEFLIN LUANDRI, M.Si.