HUT Pasaman Barat Ke-15 Kental Dengan Budaya Minang

08 Januari 2019 14:52:00 WIB


Pasaman Barat, InfoPublik - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat Gelar Sidang Paripurna Istimewa Ke- 1 Tahun 2019, Paripurna Istimewa di gelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pasbar ke-15, Senin 7 Januari 2019. Sidang Paripurna Istimewa berlangsung meriah yang dihiasi dengan pakaian adat dan makan bajamba.

Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus menyebutkan, tanggal 7 Januari 2019 lahir Pasaman Barat sebagai manifestasi keinginan masyarakat untuk melakukan perubahan kearah lebih baik. Dalam usianya yang relatif muda, Pasaman Barat telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, gesit dan melangkah pasti untuk mensejajarkan dengan kabupaten lain di Sumbar.

"Dalam kurun waktu relatif singkat untuk sebuah ukuran eksitensi Pemkab Pasbar telah mampu merubah imeg negatif yang selama ini melekat pada kabupaten ini, tanpa menunggu lama, predikat daerah tertinggal, marjinal dengan tatanan sosial yang asing dimata kabupaten lain telah dapat kita hapus seiring berkembangnya Pasbar sebagai kekuatan ekonomi baru di Sumbar," tegasnya lagi.

Sebelum rapat dimulai diadakan kirab 'manjunjuang dulang' yang dilakukan oleh perwakilan perempuan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan dan magari. Para perempuan memakai baju kurung 'basiba' ciri khas baju kurung Minang.

'Manjunjuang dulang' itu dengan membawa bekal makan bajamba yang dibawa dan ditaroh di atas kepala. Setelah berkumpul di depan kantor Polres Pasaman Barat, para perempuan tersebut berjalan bersama menuju Balerong Pusako Anak Nagari di belakang rumah dinas bupati.

"Ini merupakan tradisi yang perlu dipertahankan sebagai bentuk kebersamaan tanpa menilai status sosial yang ada dan dihadiri kurang lebih 1.000 orang," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran.

207 kali dibaca | Operator Revi Gusriva, M.Kom | Penulis NANDA YUDHA BRATAMA, S.Kom.